Halaman

Rabu, 09 Desember 2009

praktikum kartografi "peta tematik dan rbi"

1. Maksud dan tujuan
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dasar dan skill dalam memahami dan membaca peta RBI dan tematik serta dapat menentukan kontur interval (interval contour) dan interpolasi titik kontur.
2. Alat dan bahan
 Peta RBI skala 1 : 50.000
 Peta RBI skala 1 : 25.000
 Peta tematik
 Pensil
 Mistar
3. Prosedur kerja
 Menyiapkan peta RBI skala 1 : 50.000
 Menentukan kontur interval (interval contour) peta RBI skala 1 : 50.000
Rumus: Ci
Ci = kontur interval
 Menginterpolasi titik kontur diantara 2 garis kontur peta RBI 1 : 50.000
4. Landasan teori
a) Peta RBI
Peta Rupa Bumi secara umum adalah peta yang menggambarkan kenampakan alamiah (natural freatures) dan kenampakan buatan manusia (man Made freatures). Kenampakan alamiah yang dimaksud misalnya sungai, bukit, lembah, danau, laut, dan lain-lain. Sedangkan kenampakan buatan manusia misalnya jalan, kampong, permukiman, kantor, pasar, dan lain-lain. Peta Rupa Bumi antara lain berfungsi sebagai peta referensi atau acuan dan peta dasar yaitu peta yang dipakai sebagai peta referensi atau acuan dan dasar bagi pembuatan peta tematik.
Peta RBI biasa disebut juga dengan peta topografi atau peta dasar. Peta dasar adalah peta yang digunakan sebagai dasar pembuatan peta lainnya. Untuk pembuatan peta tematik, peta dasar adalah peta yang berisi semua data-data tematis yang akan digambarkan. Pada hakekatnya peta dasar yang digunakan adalah peta topografi yang resmi dari suatu Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasih dah mau komen